• Selasa, 29 November 2022

Mengenal Mappatoppo, Tradisi Setelah Berhaji

- Selasa, 19 Juli 2022 | 10:05 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji
Ilustrasi Ibadah Haji

Siarmedia.com - Ada berbagai tradisi dalam masyarakat Indonesia saat seseorang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Di antaranya dilakukan oleh masyarakat Bugis Makassar dengan tradisi Mappatoppo atau dikenal dengan wisuda haji. Mappatoppo adalah sebuah prosesi selesainya ibadah haji yang disimbolkan dengan meletakkan peci atau mengenakan surban pada jamaah laki-laki. Sementara jamaah haji perempuan dengan menggunakan cipo-cipo atau kerudung.

Tradisi ini merupakan simbol transformasi seseorang dari sebelum haji menjadi haji dengan telah menyempurnakan rukun Islam. Dengan transformasi ini diharapkan seseorang yang telah menjalankan rukun Islam yang kelima ini bisa lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

Pairozi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lampung Barat mengatakan bahwa setelah melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji di Tanah Suci Makkah, seseorang menyandang status ‘haji’. Hal ini sekaligus menandai paripurnanya keislaman seseorang dengan telah melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Dalam tradisi Lampung, rampungnya prosesi haji ini juga ditandai dengan berubahnya panggilan keseharian dari orang tersebut. "Status sosial pun berubah, yang semula dipanggil Atin berubah menjadi Atin Aji, yang Udo menjadi Udo Aji, yang Abang menjadi Abang Aji, yang adek menjadi Adek Aji," jelasnya. "Para Jamah perempuan pun serupa, yang semula berstatus sosial Cik Wo berubah menjadi Cik Wo Aji, yang sebelumnya Wo berubah menjadi Wo Aji, yang Cik Ngah menjadi Cik Ngah Aji, yang Ngah menjadi Ngah Aji," imbuhnya. Namun, ia menegaskan bahwa perubahan status seperti ini bukanlah sesuatu yang menjadi tujuan para jamaah haji. Hal ini merupakan bentuk penghormatan dari masyarakat Lampung kepada seseorang yang sudah berhaji. Hal ini menandakan bahwa seseorang telah paripurna melaksanakan rangkaian amaliah ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima ini.

 

Editor: Lia Amelia Martin

Sumber: nu.or.id

Tags

Terkini

Ramalan Shio Jumat 22 Juli 2022

Jumat, 22 Juli 2022 | 09:51 WIB

Mengenal Mappatoppo, Tradisi Setelah Berhaji

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:05 WIB

Rekomendasi Cerita Horor di Wattpad

Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:35 WIB
X